Skip to main content

Makanan Sebagai Sumber Energi

Makanan sebagai sumber energi
Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Untuk berolahraga, belajar, dan aktivitas lainnya. berikut ini adalah beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat dalam makanan .
1.       Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang tersusun oleh unsur-unsur karbon. Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, misalnya beras, jagung, kentang, gandum umbi-umbian, dan buah-buahan yang rasanya manis. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi (1 gram karbohidrat sama dengan 4 kilo kalori).
2.       Protein
Protein merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, O, N (kadang juga mengandung unsur P dan S). Bahan makanan yang mengandung banyak protein, antara lain:
a.       Protein hewani, misalnya daging, ikan, telur, susu, dan keju.
b.      Protein nabati, misalnya kacang-kacangan, tahu, tempe, dan gandum.
3.       Lemak
Lemak merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, dan O. Peran lemak adalah menyediakan energi sebesar 9 kalori/gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Lemak mulai dianggap berbahaya setelah adanya penelitian yang menunjukkan hubungan antara kematian akibat penyakit jantung koroner dengan banyaknya konsumsi lemak dan kadar lemak dalam darah. Penyakit jantung koroner terjadi bila pembuluh darah tersebut tersumbat atau menyempit karena endapan lemak yang secara bertahap menumpuk di dinding arteri. Bahan makanan yang mengandung banyak lemak, antara lain:
a.       Lemak hewani: keju, susu, daging, kuning telur, daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan daging bebek.

b.      Lemak nabati: kelapa, kemiri, kacang-kacangan, dan buah avokad.

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Pencernaan

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami perombakan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana. Perombakan ini akan menghasilkan sejumlah energi. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.

Energi

Energi 1.        Pengertian Energi Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau melakukan perubahan. Energi memiliki berbagai bentuk.

Pengertian Lingkungan dan Komponennya

A.       Pengertian lingkungan Istilah lingkungan berasal dari kata “Environment” yang memiliki makna “The physical, chemical, and biotic condition surrounding an organism”. Berdasarkan istilah tersebut, lingkungan diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu. Segala sesuatu di luar individu merupakan system yang kompleks sehingga dapat mempengaruhi satu sama lain. Kondisi yang saling memengaruhi membuat lingkungan selalu dinamis dan dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan besar komponen lingkungan itu dapat memengaruhi dengan kuat. Ada saatnya menjadi baik dan berubah menjadi buruk. Perubahan itu dapat disebabkan oleh makhluk hidup disekitar lingkungan tersebut. Lingkungan terdiri atas dua komponen utama ,yaitu : 1.       Komponen Abiotik Abiotik atau komponen tak hidup adalah komponen fisik dan kimia yang merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan, atau lingkungan tempat hidup. Sebagian besar komponen abiotik bervariasi dalam ruang dan waktuny